APRIORI


Apriori mengalisa Asosiasi Produk. Algoritma ini menghitung kemungkinan pembelian suatu produk berdasarkan riwayat transaksi yang ada pada database retail atau restoran tersebut. Contoh apabila banyak transaksi mencatat bahwa konsumen membeli roti akan membeli susu maka sistem akan menampilkan analisa tersebut dan mencatat pada struk pembayaran. Dengan ini diharapkan promosi akan lebih tepat sasaran dan meningkatkan penjualan.

NAIVE BAYES





Adalah suatu algoritma perhitungan kemungkinan suatu kondisi berdasarkan riwayat kondisi sebelumnya. Penerapan dalam AIPOS digunakan dalam memanfaatkan database pelanggan terdaftar, dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan terdaftar dan juga mengetahui pola pembelian pelanggan tersebut. Manfaat dari algoritma ini adalah untuk menjaga loyalitas pelanggan lama dan membantu meningkatkan transaksi pembelian pada pelanggan baru.

POHON KEPUTUSAN


Algoritma pohon keputusan adalah membentuk suatu pohon keputusan berdasarkan data yang telah ada pada riwayat transaksi. Gambaran pola ini dapat dijadikan panduan dalam pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh bagian manajemen ataupun pemasaran. Data hasil pohon transaksi akan menampilkan kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan atau pemasaran suatu produk baru.