Menggunakan AIPOS Untuk Menghasilkan Laporan. Apakah Anda menjalankan restoran , bisnis ritel , atau jenis bisnis lain, Anda memahami betapa pentingnya untuk menganalisis data bisnis secara tepat waktu. Kemampuan untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya dengan cepat memberikan Anda kemampuan yang ditingkatkan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih terinformasi. Misalnya, Anda dapat menarik data bisnis untuk menentukan produk mana yang banyak diminati sehingga Anda dapat menyimpannya, memindahkannya ke lokasi yang lebih strategis di toko atau bahkan membuat promosi khusus.
![laporan](https://mlv6yxmwqc0r.i.optimole.com/b98tScc-9k7FhcmL/w:auto/h:auto/q:auto/https://aipos.id/wp-content/uploads/2020/04/Group-1-1.png)
Apa yang ditunjukkan laporan?
Secara umum, AIPOS memungkinkan pemilik bisnis dan manajer untuk menghasilkan laporan yang dapat disesuaikan, dan membandingkan berbagai jenis data. Laporan biasanya menampilkan banyak jenis informasi untuk periode waktu tertentu:
- Jumlah penjualan
- Nilai penjualan
- Nilai rata-rata, median, dan mode penjualan
- Persediaan saat ini
- Perubahan inventaris
- Jumlah transaksi promosi (mis. Transaksi menggunakan kupon, kartu hadiah, penjualan, penawaran khusus, dll.)
- Barang paling populer
Selain itu, laporan juga menunjukkan hubungan antara informasi ini. Mereka dapat membandingkan dan menganalisis data untuk mengindikasikan
- Efektivitas harga
- Efektivitas kampanye dan materi promosi
- Statistik penjualan menurut karyawan
- Statistik penjualan menurut admin
- Sebagian besar dan paling tidak menguntungkan item
Bagaimana Anda mengakses laporan POS?
Ada dua jenis akses untuk fitur pelaporan sistem POS.
Beberapa sistem POS mungkin memberi Anda kemampuan untuk menghasilkan laporan dasar, tetapi Anda mungkin harus masuk ke komputer kantor Anda, atau datanya mungkin sedikit usang. Mungkin sulit untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas dengan informasi yang ketinggalan zaman. Selain itu, Anda mungkin tidak selalu duduk di depan komputer kantor Anda.
Sistem POS yang lebih canggih membuat data tersedia untuk pengguna dari jarak jauh yang resmi, memungkinkan manajer dan pemilik untuk menarik data ke dalam laporan yang komprehensif dan terperinci dari setiap lokasi dengan koneksi internet. Faktanya, sistem point-of-sale modern memungkinkan Anda untuk mengambil data dari cloud dan menghasilkan laporan di ponsel pintar Anda. Dengan kemampuan ini, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi dengan data terkini dari lokasi mana pun.
Apa yang dapat Anda lakukan dengan laporan Anda?
Pemilik dan manajer bisnis dapat menggunakan laporan dari sistem POS untuk membuat keputusan penting tentang personel, inventaris, pemasaran, dan operasi umum.
Statistik admin dan karyawan dapat digunakan untuk menilai keberhasilan tata letak toko, bidang minat khusus pelanggan, dan efektivitas umum staf penjualan. Angka penjualan karyawan juga dapat digunakan untuk mengukur kemajuan dalam kaitannya dengan tujuan bulanan atau tahunan.
Data harga, inventaris, dan penjualan dapat digunakan untuk mengukur efektivitas keputusan penetapan harga dan permintaan pelanggan, yang dapat menginformasikan perubahan harga dan diskon penjualan. Mereka mungkin juga menyarankan gerakan untuk lini produk atau barang yang akan ditarik dari rak karena kinerja yang buruk.